Khasiat Tanaman Cempaka Putih Untuk Mengatasi Penyakit

Cempaka Putih

Khasiat Tanaman Cempaka Putih Untuk Mengatasi Penyakit-, Bunga cempaka putih atau yang sering disebut-sebut sebagai bunga kantil ini ternyata adalah kedua tanaman yang  berbeda. Kebanyakan orang menyebut bunga cempaka putih sebagai bunga kantil adalah karena memang ke dua pohon tersebut memiliki kesamaan yang cukup signifikan.

Walaupun begitu, kita tidak bisa menyamakan ke dua tanaman yang memang jelas-jelas berdeda. Mungkin yang menjadikan faktor utamanya ialah ke dua nya berasal dari genus yang sama yaitu dari golongan genus Magnolia.

Baca Juga : Mengenal, Kandungan dan Manfaat Sayuran Buncis

Ke dua tanaman tersebut juga memiliki kekerabatan yang dekat dengan bunga jeumpa (cempaka kuning). Bunga ini merupakan tanaman yang khas di daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Tanaman ini termasuk ke dalam salah satu anggota suku Magnoliaceae yang memiliki nama ilmiah Michelia longifolia (Blume). Tanaman cempaka putih lebih terkenal di Indonesia untuk diambil bagian bunga yang masih kuncupnya untuk digunakan dalam upacara-upacara dan ritual tertentu.

Menurut unsur botani, cempaka putih merupakan hasil persilangan (hibrida) antara M. montana dan M. champaca. Sama seperti jenis bunga cempaka dari jenis yang lainnya bunga cempaka putih ini juga memiliki bau yang harum nan segar. Tinggi dari pohon ini bisa mencapai 30 meter.

Konon keharuman dari bunga cempaka putih ini ternyata disukai juga oleh makhluk halus sejenis kuntilanak. Karena memang banyak sekali kesamaan antara tanaman cempaka putih dan tanaman kantil, sehingga mungkin ke dua tanaman tersebut dikait-kaitkan pada mitos yang sama. Mitosnya makhluk halus tersebut sering menjadikan pohon cempaka putih sebagai rumaha tempat tinggalnya.

Terlepas dari mitos tersebut, ternyata cempaka putih memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dalam efek farmakologisnya cempaka putih memiliki kandungan senyawa alkaloida liriodenina, alkaloida mikelarbina yang menghasilkan fungsi ekspektoran dan diurek. Manfaat dari kandungan senyawa aktif cempaka putih tersebut ialah untuk membantu :

  1. Mengatasi bau badan
  2. Mengatasi sakit vertigo
  3. Menyembuhkan sinusitis
  4. Meredakan perut kembung
  5. Meringankan bronkhitis
  6. Mengatasi batuk berdahak dan juga batuk rejan
  7. Mengempiskan pembengkakan pada kelenjar prostat, serta
  8. Menghilangkan keputihan pada wanita.

Itulah ke 8 manfaat yang dapat dihasilkan dari pemanfaatan tanaman cempaka putih. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber : www.blogkesehatan.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *