Manfaat Dan Khasiat Tanaman Iler

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Iler

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Iler

Iler merupakan nama sebuah tanaman yang cukup unik. Pasalnya nama tersebut menyerupai nama cairan sekresi dari mulut manusia. Iler sendiri dalam bahasa Sunda lebih dikenal dengan jawer kotok, adapula yang menyebutnya dengan miana, ati-ati serta kentangan. Nama ilmiah dari tanaman ini sendiri adalah Coleus Atropurpureus L yang termasuk ke dalam salah satu golongan familia Labiatea. Karena keindahan warna dari daun nya yang beragam, tanaman ini kerap dijadikan sebagai tanaman hias.

Terna ini tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 30-150 cm. Batangnya memiliki bentuk bulat yang menyudut berwarna hijau atau pun ungu, memiliki rambut-rambut halus di seluruh permukaan batang, memiliki percabangan yang banyak namun mudah patah. Daun nya sendiri bersifat tunggal memiliki bentuk bulat telur dengan tepian yang bergerigi dan memiliki warna yang cukup beragam dari mulai hijau, ping, ungu kehijauan, merah maroon, bahkan sampai ada yang memiliki tiga warna sekaligus di dalam satu daun nya.

Baca Juga : 8 Manfaat Tanaman Ganje Untuk Pengobatan

Tulang daun nya tidak sejajar, memiliki permukaan atas yang agak kasar dan permukaan bawah yang ditumbuhi bulu-bulu halus. Bunga dari iler tersusun seperti untaian yang keluar dari bagian ujung batang yang masih muda, memiliki warna yang beragam pula. Ada yang memiliki warna ungu, putih, merah, serta kuning. Buahnya sendiri berbentuk bulat telur, keras serta licin. Dan apabila buah tersebut di remas maka akan mengeluarkan aroma yang wangi.

Kandungan Dan Manfaat Tanaman Iler

Tanaman ini bisa hidup pada dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1500 mdpl. Tumbuhan ini termasuk ke dalam jenis tumbuhan basah, jadi tumbuhan ini sangat memerlukan intensitas curah hujan yang cukup tentunya. Perbanyakan dari tanaman ini secara vegetatif bisa dilakukan dengan cara stek batang. Dan secara generatif bisa dengan penanaman melalui bijinya. Tanaman iler sendiri memiliki kandungan senyawa kimia seperti minyak asitri, tanin, lemak, kalsium oksalat, phy osterol dan pectic substances.

Adapun efek farmakologis dari tanaman iler sendiri ialah karvakrol yang bersifat anti-biotik, etil salisilat yang bersifat anti-inflamasi, eugenol yang bersifat analgesik serta untuk membunuh cacing. Manfaat yang terkandung di dalam tanaman iler ini bisa membantu kita untuk mengatasi :

1.    Sembelit

2.    Mata merah karena iritasi dan peradangan

3.    Membasmi cacing di tubuh

4.    Mempercepat penyembuhan luka termasuk luka setelah proses melahirkan

5.    Mengobati borokan, bisulan, abses maupun eksim

6.    Menghilangkan keputihan pada wanita

7.    Menyehatkan fungsi saluran pencernaan

8.    Dapat dijadikan sebagai obat radang telinga

9.    Meringankan gejala sakit perut, mulas dan pusing

10. Menurunkan demam tinggi

11. Melancarkan siklus menstruasi

12. Mengobati diabetes melitus

13. Menghilangkan ambeien/wasir, serta

14. Mengobati radang pada usus.

Itulah beberapa uraian penjelasan mengenai tanaman iler. Semoga apa yang telah dijelaskan dapat dipahami dengan baik dan menghasilkan manfaat seperti yang baik pula.

Terimakasih

Sumber : http://www.blogkesehatan.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *